Jumat, 09 Desember 2011

PUNAH 65 JUTA TAHUN LALU, IKAN RAJA LAUT DITEMUKAN DI SULAWESI UTARA

Pasar Tumpaan, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, dihebohkan penemuan ikan yang telah punah sekitar 65 juta tahun yang lalu. Ikan purba atau biasa disebut Raja Laut (Coelacanth) itu, ditemukan oleh seorang nelayan, Jumat (22/7).

Setelah diinformasikan warga, Kepala DKP Minsel, Arifin Kiay Demak pun langsung mendatangi Pasar Ikan Tumpaan dan mendapati jika ikan tersebut sudah mati. Kepala DKP minsel membenarkan jika ikan tersebut adalah Raja Laut atau Coelacanth, bahasa latinnya Latimeria manadosiensis. Ikan bersisik dan berwarna coklat itu akan segera diteliti untuk mencari tahu bagaimana perkembangbiakannya di Sulut, khususnya di Minahasa Selatan.

Ikan Coelacanth diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous, yakni 65 juta tahun yang lalu, sampai sebuah spesimen ditemukan di timur Afrika Selatan, di perairan sungai Chalumna tahun 1938.

Pada tahun 1998, seekor ikan Raja Laut pernah tertangkap jaring nelayan di perairan Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara. Sampai saat ini, telah ada dua spesies Coelacanth yang ditemukan yaitu Coelacanth Komoro (Latimeria Chalumnae) dan Coelacanth Sulawesi (Latimeria Menadoensis).




Tim Kreatif tik-fanny.blogspot.com
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar