Selasa, 06 Desember 2011

DIPERKIRAKAN ADA KANAL PURBA DI KAWASAN TROWULAN

Komplek percandian Trowulan dikenal dengan Ibu Kota Kerajaan Majapahit dengan luas mencapai lebar sembilan kilometer dan panjang sebelas kilometer persegi.

Majapahit adalah sebuah kerajaan di Indonesia yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya dan menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Letaknya sekitar 12 kilometer dari kota Mojokerto atau 70 kilometer dari Surabaya ke arah barat daya Jatim.

Tim Katastropik Purba yang dimotori oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief telah melakukan survei pada 19 Juli 2011. Tim tersebut mengeksplorasi kemungkinan adanya bangunan dan kebudayaan pra-Majapahit di bawah kompleks Majapahit Trowulan.

"Ini dalam rangka inventarisasi peninggalan-peninggalan sejarah purbakala Indonesia dan mengevaluasi kehancuran atau menghilangnya peradaban tersebut dikaitkan dengan bencana katastrofi," ujarnya.

Tim juga ingin mempelajari teknologi mitigasi bencana jaman Majapahit dan pra-Majapahit, termasuk kalau benar bahwa kanal-kanal Majapahit itu adalah untuk menyalurkan mud volcano. Meneliti lapisan-lapisan pengubur peradaban Majapahit maupun pra-Majapahit untuk mendapatkan informasi tentang adanya bencana katastrofi purba dan menentukan jenis bencananya.




Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar