Jumat, 09 Desember 2011

BAHAYA OBJEK 3D DI PONSEL

Gadget terbaru memang selalu menjanjikan kenikmatan dalam memberikan hiburan. Namun, para peneliti mengingatkan, terlalu banyak menggunakan smartphone dengan melihat obyek 3D bisa merusak mata dan menyebabkan sakit kepala. Ini sama seperti jika Anda terlalu lama bermain game 3D di PC.

Masalah ini disebabkan mata dituntut fokus ke layar kecil (rata-rata smartphone 3.5 inch atau 9,7 inch untuk tablet PC), Kemudian, secara simultan mata juga harus menyesuaikan dengan jarak obyek yang ada di layar.

Fenomena ini dikenal dengan sebutan 'vergeance-accomodation' atau cara mata menyesuaikan pergerakan simultan untuk mendekat atau menjauh terhadap suatu obyek selagi fokus. Sebagian besar orang memang tidak merasa nyaman ketika obyek dari smartphone itu seakan muncul di depan layar. Karena di saat bersamaan mata harus menyesuaikan dengan jarak obyek, yang seakan muncul di depan atau belakang layar.

Dengan maraknya penggunaan 3D stereo di hiburan, komunikasi, dan teknologi medis, para peneliti mengusulkan dibuat pedoman untuk atasi berbagai kesenjangan tampilan yang disajikan pada berbagai layar. Ini menyesuaikan ukuran layar dan posisi dari pengguna smartphone atau tablet PC.



Tim Kreatif tik-fanny.blogspot.com
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar