Selasa, 06 Desember 2011

ELANG JAWA DI GUNUNG GEDE-PANGRANGO TERANCAM PUNAH

Populasi Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) di kawasan Gunung Gede-Pangrango bisa terancam punah jika habitatnya terganggu akibat ulah masyarakat. Berdasarkan data dari LSM Rainforest Conservation Society (RCS), populasi Elang Jawa saat ini sekitar 70 ekor.

Ketua RCS Usep, mengatakan, pola masyarakat yang masih menggantungkan hidup dari sumber daya hutan maupun tidak menjaga kebersihan di kawasan Gunung Gede-Pangrango, bisa menjadi ancaman menurunnya populasi Elang Jawa. Memang, dibandingkan tahun 1998 lalu, populasinya saat ini sudah mulai meningkat.

Pada tahun 1998 populasi Elang Jawa tinggal sekitar 45 ekor. Dalam jangka waktu 11 tahun, populasinya meningkat menjadi kurang lebih 70 ekor. Selain faktor manusia, terancam punahnya populasi Elang Jawa juga disebabkan terganggunya siklus pola makan seperti tidak adanya tikus hutan, bajing, katak, maupun ular, yang merupakan makanan sehari-harinya.

Karena itu, RCS bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) berupaya mencegah perusakan atau penangkapan liar hewan-hewan langka yang dilindungi pemerintah, termasuk Elang Jawa.

Satu di antara upaya itu yakni merehabilitasi lahan kritis maupun penyuluhan kepada masyarakat dan monitoring lapangan sebulan sekali. Diharapkan partisipasi semua pihak dalam menjaga kelangsungan hidup hewan-hewan langka yang dilindungi pemerintah. Caranya, pencegahan terhadap perusakan habibat hewan-hewan langka tersebut.





Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar