Selasa, 06 Desember 2011

ES MENCAIR, PEGUNUNGAN DI ANTARTIKA MAKIN MENINGGI

Hilangnya es akibat perubahan iklim di Antartika membuat pegunungan asli benua tersebut yang dulunya tertutup es tebal semakin muncul di permukaan, dan hal ini terus terjadi.

Donald Argus dari Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, beserta koleganya menggunakan data GPS selama 15 tahun yang menunjukkan bagian dari pegunungan Ellsworth di Antartika barat. Berdasarkan data tersebut, pegunungan tersebut terus bertambah tinggi sekira 5 milimeter per tahun.

Seperti yang dikutip dari New Scientist, Senin (1/8/2011), proses muncul di permukaannya gunung-gunung dari es juga terlihat di Greenland, dengan jumlah sekira 4 sentimeter per tahun.

Perubahan iklim yang terjadi saat ini mungkin menjadi faktor pemicu dari kondisi ini. Antartika sendiri kehilangan sekira 200 gigaton es per tahun, lalu Greenland pun kehilangan 300 gigaton per tahun.

"Selain perubahan iklim, ada juga faktor yang menjadi pemicu hilangnya es dalam jumlah masif ini. Kita bisa lihat berdasarkan sejarah, sekira 5 ribu sampai 10 ribu tahun yang lalu Bumi juga kehilangan es dalam jumlah besar," ungkap Argus.

Meskipun ilmuwan menyebutkan kemungkinan lain atas peristiwa ini, masyarakat umum menganggap bahwa hal ini masih disebabkan oleh perubahan iklim, dan adalah tugas dari para ilmuwan untuk menjelaskannya.





Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar