Rabu, 07 Desember 2011

ELLI IRIANTI, GURU MADRASAH PEMBUAT MIKROSKOP DARI BOTOL PLASTIK

Mikroskop merupakan alat pembelajaran yang relatif mahal. Pengadaan di sekolah jarang sama banyaknya dengan jumlah siswa. Untuk menyiasati kondisi itu, Elli Arianti (43), guru biologi Madrasah Aliyah Negeri Model Banda Aceh, membuat mikroskop sendiri dari botol plastik.

Elli mengungkapkan siswa membutuhkan mikroskop untuk belajar biologi mengenai sel dan susunan jaringannya. Di sisi lain, ketersediaan mikroskop di sekolah tempatnya mengajar sangat terbatas. Mikroskop optik yang mahal, selain jumlahnya sangat terbatas, juga rentan rusak. Sesuai ketentuan, siswa yang merusakkan alat harus mengganti.

Dari hambatan yang dihadapi saat proses belajar mengajar inilah Elli menemukan inspirasi mikroskop dari botol plastik sudah lama. Namun, ia baru merancang teknik pembuatannya pada Juli 2011. Inspirasi ini ia peroleh saat mengamati botol kemasan plastik berisi air yang ternyata menyebabkan benda di belakangnya terlihat lebih besar.

Elli memanfaatkan tetesan air bersih di permukaan lapisan botol plastik untuk membentuk lensa cembung yang digunakan sebagai lensa obyektif untuk mengamati preparat.

Lewat kreasi inovatifnya, Elli menerima penghargaan sebagai pemenang pertama Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi 2011 yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta. 



Tim Kreatif tik-fanny.blogspot.com
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar