Jumat, 09 Desember 2011

ATASI KELUMPUHAN DENGAN STIMULUS LISTRIK

Seorang pria Amerika yang lumpuh mulai dari bagian dada ke bawah kini bisa berdiri dengan syaraf tulang belakang yang diberi stimulus listrik. Rob Summers dari negara bagian Oregon mengatakan kemampuan berdiri sendiri mendatangkan ''perasaan yang paling mencengangkan''. Rob adalah pemain baseball dan pada tahun 2006 dia memperkuat tim yang merebut gelar juara dari kompetisi baseball College World Series. Namun, pertengahan tahun yang sama dia cedera akibat tabrak lari dan syaraf belakangnya rusak.

Dia bisa dengan bebas menggerakkan jari kaki, pinggul, lutut dan pergelangan kaki dan juga berjalan di atas treadmill dengan disangga, kata artikel ilmiah di jurnal medis the Lancet. Namun, seorang pakar Inggris mengatakan perkembangan ini sebaiknya tidak diinterpretasikan sebagai penyembuhan.

Penelitian ini membuktikan bahwa stimulasi listrik bekerja membuahkan hasil pada satu orang. Profesor Geoffrey Raisman, dari Institute of Neurology di University College London, mengatakan, "Ini kasus menarik,” Sementara Dr Melissa Andrews, dari Cambridge Centre for Brain Repair, mengatakan meski penelitian "membuat orang terheran-heran," namun ia berpesan semestinya penelitian ini tidak disebut dulu sebagai pengobatan, karena masih harus diteliti lebih lanjut.



Tim Kreatif tik-fanny.blogspot.com
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar