Selasa, 13 Desember 2011

PENYEBAB DIBALIK KEMATIAN KARANG LANGKA DUNIA


Karang Elkhorn dunia terdaftar dalam spesies terancam punah sejak beberapa tahun lalu. Kini, peneliti Amerika Serikat (AS) mengaku berhasil menemukan penyebabnya. Limbah manusia menjadi ‘penjahat’ di balik penyakit yang membunuh karang tersebut. Karang ini hidup di perairan Florida selatan dan Bahama serta menjadi karang paling berharga di Karibia.

Namun, karang ini terus menghilang karena penyakit white pox yang dipicu bakteri Serratia Marcescens yang ditemukan pada limbah manusia dan hewan. Peneliti menganalisa bakteri tersebut dari limbah di Key West, Florida.

Setelah itu, hasilnya yang didapat dibandingnya dengan sampel kotoran hewan dan burung. Jenis yang menyerang karang ternyata sesuai dengan yang ditemukan dalam limbah manusia.

  peneliti menggambarkan temuan mereka sebagai ‘penyakit pertama manusia yang menyebabkan menurunnya populasi hewan tak bertulang punggung laut’. “Bakteri ini muncul dari manusia,” ujar penulis James Porter dari University of Georgia.



Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar