Senin, 14 November 2011

ES SEUKURAN KOTA NEW YORK 'LAHIR' DI ANTARTIKA :

Es seukuran New York siap memisahkan diri dari Pine Island Glacier, Antartika. Proses ‘kelahiran’ ini diamati dan difoto Operation Ice Bridge NASA bulan lalu. Seperti apa?

“Saat ini kita sedang menyaksikan bagaimana proses kelahiran ini dan ini sangat menarik,” kata ilmuwan Michael Studinger di proyek ini. Belum pernah ada yang menerbangkan instrumen pencintraan laser 3D di retakan yang berkembang aktif seperti ini, lanjutnya.

Terakhir kali Pine Island Glacier ‘melahirkan’ bongkahan es-nya terjadi pada 2001. Di sisi lain, para ilmuwan juga memiliki kekhawatirannya karena bongkahan ini sangat besar dan tidak stabil. Ilmuwan menyebutnya sumber terbesar ketidakpastian di proyeksi meningkatnya ketinggian air laut global.

NASA mengkui proses ini merupakan bagian proses alam. “Umumnya Anda tak akan punya kesempatan menyaksikan hal semacam ini karena Anda tak ada disana di waktu yang tepat. Namun kali ini kita akan mendapat kesempatan itu,” tutup John Sonntag anggota proyek Operation Ice Bridge.
 
 
Tim Kreatif tik-fanny.blogspot.com
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar