Senin, 14 November 2011

BENGKULU PUNYA 4 JENIS RAFLESIA :

 Peneliti raflesia dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Agus Susatya mengatakan bahwa di Provinsi Bengkulu masih dapat ditemui empat jenis flora langka raflesia tapi kondisinya terancam dengan aktivitas perambahan hutan.

Empat jenis raflesia yang hidup di hutan Bengkulu tersebut yakni Raflesia arnoldii, Raflesia gadutensis, Raflesia hasselti dan Raflesia bengkuluensis.

"Keempat jenis raflesia ini masih bisa ditemui di hutan Bengkulu, otomatis kelestariannya sangat tergantung dengan perlindungan terhadap kawasan hutan Bengkulu yang terancam alih fungsi," kata penemu raflesia jenis bengkuluensis ini.

Namun dalam lima tahun terakhir, flora langka tersebut semakin sulit ditemui di hutan Bengkulu dan Sumatera akibat habitat dan inangnya makin sulit didapat. Raflesia yang mekar di dalam kawasan hutan semakin sulit ditemui seiring maraknya aksi penebangan liar dan perambahan hutan menjadi perkebunan secara liar.

Hutan Lindung Rindu Hati di Kabupaten Kepahiang salah satu habitat rafflesia semakin rusak dimana hampir 50 persen kawasan sudah ditanami kopi dan tidak ada tindakan konkrit dari pemerintah untuk mengatasi ini.

Dukungan pemerintah terhadap pelestarian dengan mengalokasikan anggaran untuk penelitian flora tersebut juga sangat minim. Penelitian terhadap Raflesia juga belum mendapat porsi yang layak di kalangan peneliti. Hal itu terbukti dari jumlah peneliti Raflesia yang bisa dihitung dengan jari. Saat ini hanya ada tiga peneliti Raflesia di Indonesia.

Sementara negara Filippina dalam lima tahun terakhir sudah berhasil menemukan lima jenis baru rafflesia spp dan mengklaim sebagai pusat penyebaran puspa langka itu. Padahal, dari 25 jenis rafflesia spp yang ada di dunia, sebanyak 14 jenis berada di Indonesia dan 11 diantaranya berada di Pulau Sumatera.
 
 
 
 
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar