Rabu, 24 Agustus 2011

Jorge Luis Borges

Bertepatan ulang tahun hari ini 24 Agustus. Dia tokoh penulis dari argentina, eseis, cerpenis, kritikus dan penerjemah. Pria ini lahir tanggal 24 Agustus 1899 dan mengahiri hidupnya pada tanggal 14 juni 1986.
Jorge Luis Borges


berikut adalah salah satu kutipan dari tulisannya:

Ada orang lain dalam diri Borges. Aku berjalan-jalan sepanjang jalan-jalan Buenos Aires, kadang-kadang berhenti, — mungkin di luar kebiasaan – memperhatikan tapak sebuah jalan masuk yang tua atau sebuah gerbang berjeruji besi; tentang Borges akan mendapatkan berita-beritanya melalui surat dan sekilas melihat namanya diantara suatu dewan profesor atau di sebuah kamus biografi. Aku mempunyai citarasa terhadap gelas pengukur waktu, peta-peta, tipografi abad kedelapan belas, akar-akar kata, aroma kopi, dan prosa Stevenson; orang-orang lain itupun seperti halnya aku menyukai hal-hal tersebut, tetapi dengan cara yang menyolok yang mengubah mereka menjadi manerisme yang pura-pura. Akan menjadi suatu yang dibesar-besarkan untuk menyatakan bahwa kami berada pada batasan-batasan yang buruk; aku hidup, aku biarkan diriku hidup, sehingga Borges dapat menyusun cerita-cerita dan puisi-puisinya, dan cerita-cerita serta ouisi-puisi tersebut merupakan pembenaranku. Sulit bagiku untuk mengakui bahwa dia telah mengatur penulisan beberapa halaman yang berguna, karena halaman-halaman tersebut tidaklah menyelamatkan aku, mungkin karena apa yang baik tak lagi menjadi milik siapapun – juga tidak pada orang yang lain itu – walaupun juga agak mengarah pada adat bicara atau tradisi. Bagaimanapun juga, aku ditakdirkan untuk kehilangan pada suatu waktu atau untuk selamanya, dan hanya beberapa saat-saat milikku yang bertahan dalam diri orang lain itu. Sedikit demi sedikit, aku sedang menyerahkan segalanya kepadanya, walaupun aku mempunyai bukti tentang kebiasaan keras kepalanya pada pemalsuan dan pada suatu yang berlebih-lebihan, Spinoza berpendapat bahwa semua hal mencoba untuk mempertahankan keadaan dirinya sendiri; sebuah batu ingin tetap menjadi sebuah batu dan harimau menjadi seekor harimau. Aku akan tetap tinggal dalam Borges, tidak pada diriku sendiri (jika itupun menjadikan aku seseorang), walaupun aku mengenal diriku sendiri lebih sedikit dari yang dialami Borges atau dibandingkan dengan penyetelan gitar yang melelahkan, seiring tahun-tahun yang berdebu, aku mencoba membebaskan diri darinya dan aku pergi meninggalkan mitos-motos daerah kumuh kota yang terpencil untuk bermain-main dengan waktu dan keabadian, tetapi permainan-permainan tersebut sekarang adalah bagian dari Borges dan aku harus beralih ke sesuatu yang lain itu. Begitulah, kehidupanku adalah sebuah pelarian, dan aku telah kehilangan segalanya dan segalanya itu segera akan dilupakan atau menuju ke orang lain itu.
Siapa diantara kami yang menulis halaman ini, aku tidak tahu.
***
Diterjemahkan oleh Ahmad Muhaimin dari Borges and Myself. Cerita pendek ini berasal dari Aleph and Other Stories. Jorge Luis Borges dan Thomas di Giovanni. E.P. Dutton. New York. 1978.

Sumber: -wikipedia
             -"Sastra dunia dan karyanya" http://www.loveart.com/Jorge Luis Borges
Perhatian :Bos? pilih aja yang bisa jadi inspirasimu, bos mau meng copy? silahkan gratiiiis, mau pasang iklan? Boleh (gak gratis) he he he

0 komentar:

Posting Komentar